Friday, March 23, 2007

Seindah Bunga


Pernah dengar gak bunga sebagai salah satu obat penenang?..bagi yang belum atau gak pernah dengar, cobain deh sekali-kali di saat suntuk, jenuh atau pikiran lagi awut-awutan pandangin bunga-bunga segar baik itu yang tumbuh di pot, tertata rapi di halaman rumah atawa taman, maupun bunga potong yang tersusun dalam vas. Melihat warna-warninya yang menawan, bentuknya yang indah, maupun harumnya yang segar, mampu bikin hati dan pikiran jadi tenang loh.... apalagi kalo kita hirup harum pada kuntumya hmmm tapi awas !!! bisa bikin ketagihan loh ^-^ alhasil, pikiran yang tadinya jenuh, gak karuan, bisa jadi tenang loh...mau bukti? silakan coba sendiri...
bagi yang gak punya halaman luas buat majangin bunga, dont worry dink...kita masih bisa menikmati bunga segar dalam vas atau jambangan koq...malah kalo bisa menatanya dengan baik, bunga dalam vas bisa terlihat lebih indah daripada yang ditanam di tanah namun gak terpelihara...
taruh aja bunga potong dalam vas dan letakkan di pojok ruangan, di atas meja, atau di manapun sekiranya terlihat indah, maka hasilnya, ruangan jadi terlihat lebih asri dan nyaman..
ada banyak jenis bunga potong yang beredar misalnya krisan, aster, mawar, lily, sedap malam ( yang ini fav ku nih karena harumnya yang bikin nafas jadi daleeeem banget...sekali buka pintu kamar, baunya langsung nyebar...apalagi kalo dipasangkan dengan mawar merah jadinya menawan banget loh jadi merah putih).
namun untuk bunga potong, kita harus agak rajin ngganti airnya...
berikut sedikit tips untuk perawatan bunga potong :
* berikan air hanya setinggi 4 - cm dari ujung tangkai (jangan sampai batang n bunga kelelep)
* ganti air setiap 2 hari sekali
* potong tangkai bawah 2 hari sekali dan potong agak meruncing dengan pemotong yang tajam agar struktur dan kutikula batang tidak hancur sehingga penyerapan air dilakukan dengan baik)
* setelah 3-4 hari, air bisa dicampur dengan sedikit larutan pemutih pakaian. bisa juga dicampur dengan sedikit obat bodrex.
* buang segera daun-daun yang udah mulai layu dan kering
setelah 7 atau 8 hari biasanya bunga udah pada mulai layu ( tergantung jenis bunga)....bunga yang layu tersebut masih bisa dipakai untuk pelbagai kreasi...
cara mengeringkan bunga :
ikat ujung tangkai bunga (jangan terlalu kencang dan jangan terlalu longgar) kemudian taruh/gantung terbalik ( kelopak di bawah dan tangkai di atas)
jemur/letakkan di tempat gelap dan tidak terkena cahaya (bisa dalam lemari)..hal ini agar warna pada bunga masih bisa terlihat natural..
nah setelah 2 minggu, biasanya bunga saudah benar-benar kering...trus bisa kita kreasikan deh he..he..sampai saat ini, belum bisa tu bikin kreasi dari bunga....nanti kali yeee....

No comments: